Rabu, 01 Juni 2011

Komputer dan Masyarakat

Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Para ahli-ahli fisika, elektronika dan komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari produk tenaga lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
  1. Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
  2. Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi.
  3. Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan.
  4. Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
  5. Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
  6. Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
  7. Penggunaan komputer dalam bidang industri.


Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.
Penggunaan IT dari mulai awal keberadaanya dirasakan memang membawa dampak yang sangat berpengaruh sekali dalam segala pola aspek kehidupan. Banyak keuntungan yang bisa diraih dengan adanya IT ditandai dengan banyaknya perkembangan infastruktur yang berbasiskan IT. Namun demikian banyak juga penyimpangan ataupun pergesaran yang bersifat sosial yang terjadi dalam pengaruhnya pengggunaan IT.

Postingan di blog ini dirangkum dari berbagai sumber. Dan di bawah ini ada beberapa postingan saya yg berhubungan dengan Komputer & Masyarakat maupun dunia IT, yaitu:
  • Manfaat Komputer Bagi Masyarakat
  • Masa lalu Membentuk Masa Sekarang
  • Perubahan pada Antarmuka Komputer/Masyarakat
  • Kecerdasan Buatan
  • Java Teknologi Masa Depan
  • Teknologi Masa Depan Dalam Dunia Bisnis
  • Teknologi Masa Depan Dalam Dunia Pendidikan
  • Teknologi Informasi Masa Depan di Indonesia
  • Beberapa Aplikasi Penting Komputer
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar